Mengenal 37 Jenis Tumpeng Tanah Air, Ada yang Berw「Indonesian Baccarat」arna Biru

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Permainan baccarat

IndonesiIndonesian Baccaratan BaccaratadaIndonesian Baccaratpun sejumlaIndonesian Baccarath tumpeng yang belum teridentifikasi adalah tumpeng Tutuk, Lugas, Pucuk lombok bang, Rajeg mawa dom waja, Pucuk mowo endog, Sembur, dan Sanggabuwana.

Baca juga: Apa Itu Teknik Masak Aron? Buat Nasi Kuning Tumpeng Lebih Awet dan Wangi

Meski demikian, ia yakin bahwa masih banyak ragam tumpeng dari daerah lain yang belum diketahui. Berikut 37 jenis tumpeng:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com - Tumpeng selama ini dikenal sebagai makanan syukuran berbentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk (gurih).

Baca juga: Sejarah Tumpeng dalam 2 Versi, dari Kepercayaan Kapitayan dan Sunda Wiwitan

Menurut Dwi, tumpeng-tumpeng ini umumnya dari Pulau Jawa yakni Yogyakarta, Surakarta, Sunda, Bali, Banyumas.

Tumpeng putih memiliki 24 jenis. Lalu tumpeng putih memiliki dua jenis yaitu Tumpeng Punar dan Tumpeng Kendhit.

Sementara tumpeng kuning menggunakan nasi kuning dan tumpeng lainnya yakni nasi putih yang dicampur dengan bahan lain hingga berwarna.

“Sepanjang saya baca dan cari tau itu dari beberapa buku itu ada 37 ragam, karena yang ke 38 itu disebut tumpeng tapi di luar apa yang didefinisikan sebagai tumpeng,” ucap Dwi dalam Webinar Sarasehan Tumpeng oleh Aksara Pangan bekerja sama dengan Teknologi Pertanian UGM, Kamis (10/12/2020).

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada, Dwi Larasatie Nur Fibri mengatakan, berdasarkan hasil risetnya diketahui ada 37 ragam tumpeng di Indonesia.

Baca juga: Apakah Tumpeng Harus Selalu Berbentuk Kerucut ?

Kemudian tumpeng berwarna lainnya ada tiga jenis yakni Tumpeng Kapuranto berwarna biru, Monco Warno berwarna merah, biru, hijau, merah dan cokelat. Terakhir Tumpeng Inthuk-inthuk berwarna putih, hitam, merah, dan kuning.

Selain itu, tumpeng juga bisa dibagi dalam beberapa warna yaitu tumpeng putih, kuning, dan warna lain seperti biru. Tumpeng putih biasanya menggunakan nasi putih biasa dan nasi uduk.